Skip to content

Kondisi Dunia Penerbangan di Indonesia

Juli 21, 2012

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang banyak di kelilingi oleh perairan atau samudera seperti contohnya Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Irian Jaya dan lainnya yang notabene terpisahkan oleh perairan yang sangat luas. Dengan demikian sangat diperlukan moda transportasi yang efektif dan efisien untuk bisa menjangkau setiap daerah dengan mudah. Ya, pesawat terbang adalah salah satu moda yang efektik dan efisien dalam hal waktu dan daerah tujuan, tersedia dalam penerbangan regular domestic dan penerbangan perintis untuk menuju daerah terpencil.

Namun yang terjadi saat ini banyak sarana prasarana atau fasilitas pendukung tidak merata dalam setiap bandara di daerah terutama bandara daerah Indonesia bagian Timur yang sangat memprihatinkan dan biaya penerbangan perintis yang terbilang cukup mahal. Ironis memang, transportasi udara yang seharusnya menjadi pilihan utama dari pada moda lain yang sangat tidak efektif  malah menjadi pilihan terakhir masyarakat karena kurangnya fasilitas atau sarana prasarana penunjang yang jauh dari standar dalam memenuhi kebutuhan sehari hari seperti distribusi logistic, sandang, pangan dan ataupun mobilitas seseorang. Terjadi kasus beberapa waktu lalu yang menimpa maskapai Susi Air yang jatuh di daerah papua, yang membawa 4 drum bahan bakar dan aneka barang yang beratnya mencapai lebih dari 1 ton, menurut informasi yang saya kutip bahwa awak yaiti pilot dan co-pilot belum diketahui kondisinya. Hal tersebut semakin membuat masyarakat berpaling ke moda transportasi lain demi terciptanya suatu keamanan dan keselamatan walaupun ditempuh dengan medan yang berat dan memakan waktu yang lama.

Semua ini bukan kesalahan pada satu pihak saja tetapi menjadi suatu dorongan agar kita semua bisa mengupayakan agar bisa selalu menjadi lebih baik. Besar harapan saya sebagai mahasiswa dan sebagai masyarakat umum yang awam agar kedepannya semua bisa teratasi lebih baik dan pesawat menjadi moda transportasi utama, terlebih daerah Indonesia Timur menyimpan berbagai macam kekayaan yang bisa dimanfaatkan sebagai tujuan wisata yang dapat menyedot perhatian turis sehingga meningkatkan pendapatan daerah dan dengan demikian sarana prasarana atau fasilitas penunjang bisa menjadi yang terbaik.

 

Sumber : https://kumpulankaryasiswa.wordpress.com

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: